Minggu, 15 Mei 2011

Dual-Booting Linux-Xp

Mungkin dari sebagian kita ada yang ingin mencoba-coba berpetualang menggunakan Linux, tapi masih sayang dengan Windows XP, atau mungkin takut kehilangan Windows XP dan data-data penting yang ada di dalamnya. Tenang-tenang… kita bisa kok menjalankan Windows XP dan Linux dalam satu computer, yaitu dengan cara membuat Dual-Booting Linux-XP, ini Mumut kasih tahu caranya (berdasarkan pengalaman Mumut) :

1. Pertama-tama back-up semua data yang ada dalam Hard disk, (sebagai antisipasi terhadap kemungkinan yang tidak diinginkan)
2. Kemudian sediakan ruang kosong dalam Hardisk, kurang lebih 10 GB (bukan partisi lho !) diluar tempat data dan partisi windows, ini bagi yang menggunakan satu Hard disk, tapi kalau masih ada anggaran sisa dan cukup untuk beli hard disk, menambah hard disk bisa menjadi pilihan tepat. Untuk membuat ruang kosong di Hard disc caranya cukup mudah kok, pertama kita booting computer melalui CD room, masukkan CD installer Windows XP, tunggu sampai ada pilihan untuk lanjut, setelah muncul tiga pilihan (set-up, repair dan quit) pilih yang set-up, trus tekan F8 untuk persetujuan, setelah itu akan mucul kembali pilihan seperti di atas, pilih yang Don’t repair, setelah itu akan muncul daftar jumlah parisi, nah dari sini dapat kita pilih satu partisi untuk dihapus, setelah dihapus maka akan ada ruang yang berstatus “Unpartisi”, setelah itu tekan F3 Utuk keluar.
3. Setelah keluar, mulailah booting kembali melalui CDRom, kali ini gunakan Installer Linux, ikuti saja aturan yang berlangsung. Yang terpenting adalah Ketika sampai pada sesi “pempartisi Hard disc” atau “pembuat partisi”, pilihlah “gunakan ruang kosong pada hard disc (use free space on drive)” yang biasanya sudah menjadi pilihan default, hal ini sangatlah penting, karena pada sesi ini sangat menentukan keadaan komputer kita selanjutnya (hilang dan tidaknya data he... he... he...). Setelah itu ikuti prosedur installan selanjutnya sampai pengisian user account.
4. Setelah proses instalasi selesai, boot ulang komputer, lihat pada star awal, biasa ada tiga pilihan : boot Linux, boot linux jalur aman, dan boot lainnya. Bila pilihan ketiga tertulis boot windows berarti proses instalasi dual-boot windows-linux anda sukses, dan untuk lebih memastikanya, coba boot windowsnya
Sebelum anda melakukan penginstalan, saya sarankan untuk menggunakan hard disc tambahan, nanti pada saat boot masuk paa pilihan firs boot, dan pilih boot pada hard disc yang kita install linux di dalamnya, selamat mencoba.

0 komentar:

Poskan Komentar