Jumat, 06 Mei 2011

PlayStation 3 Berhasil Di-Hack

PS3 memiliki sistem pertahan terbaik. Butuh waktu 3 tahun, 2 bulan, 11 hari, untuk menjebol sistem keamanannya. George Hotz mungkin telah membawa Sony dan PS3 tunduk di bawah kakinya. Hotz berhail meng-hack PS3, eperti yang ia telah ungkapkan ebelumnya, "Saya telah berhasil mengakses read/write ke sistem memori, dan tingkat aksess HV ke prosesor. Dengan kata lain saya telah berhasil meng-Hack PS3. Sisanya hanya perangkat lunak, dan teknik revering".

Beberapa hari setelah Hotz mengumumkan keberhasilannya meng-hack PS3, ia kemudian merilis resource code PS3 tersebut ke public. Hotz, orang yang dikenal dengan keberhasilannya menjebol Apple iPhone, mengatakan dalam sebuah posting blog bahwa ia telah memutuskan unuk melepaskan resource code untuk melihat apa yang bisa dikembangkan oleh orang lain.

Hotz mengatakan dia berhasil meng-hack PS3 setelah lima minggu bekerja dengan "perangkat keras yang sangat sederhana, dan beberapa perangkat lunak tertentu." Konsol PS3 biasanya hanya menjalankan software yang secara digital disetujui oleh Sony. Sistem keamanan PS3 merupakan bagian dari sistem manajemen hak digital kompleks yang dirancang untuk menggagalkanpembajakan perangkat lunak, tetapi hacking yang diterapkan oleh Hotz merupakan celah pertama dalam sistem perlindungan digital milik Sony.

Dengan dirilisnya kode ke publik, akan banyak progammer yang akan mengembangkan aplikasi menjebol untuk PS3 lebih jauh kedalam sistem. Untuk beberapa progammer tujuan utama hacking PS3 adalah untuk memcahkan sistem enkripi yang membuat game bajakan dapat dimainkan di konsole, sementara programmer lain kemungkinan akan termotivasi untuk menjalankan perangkat lunak mereka sendiri pada platform PS3.

0 komentar:

Poskan Komentar