Senin, 16 Mei 2011

Proses dan Manajemen Proses

Bagi temen-temen kuliah Sejurusan Teknik Informatika khususnya yang kuliah di Universitas Siliwangi yang mengambil mata kuliah Sistem Operasi Disini saya akan memberikan data modulnya dari dasar teorinya dan juga lengkap dengan percobaanya. Silahkan download aja data lengkapnya di akhir postingan ini :

KONSEP PROSES PADA SISTEM OPERASI LINUX

Proses adalah program yang sedang dieksekusi. Setiap kali menggunakan utilitas sistem atau program aplikasi dari shell, satu atau lebih proses ”child akan dibuat oleh shell sesuai perintah yang diberikan. Setiap kali instruksi dibe rikan pada Linux shell, maka kernel akan menciptakan sebuah proses-id. Proses ini disebut juga dengan terminology Unix sebagai sebuah Job. Proses Id (PID) dimulai dari 0, yaitu proses INIT, kemudian diikuti oleh proses berikutnya (terdaftar pada /etc/inittab).

SINYAL

Proses dapat mengirim dan menerima sinyal dari dan ke proses lainnya. Proses mengirim sinyal melalui instruksi “kill dengan formatkill [-nomor sinyal] PIDNomor sinyal : 1 s/d maksimum nomor sinyal yang didefinisikan system Standar nomor sinyal yang terpenting adalah :

No Sinyal

Nama

Deskripsi

1

SIGHUP

Hangup, sinyal dikirim bila proses terputus,

misalnya melalui putusnya hubungan modem

2

SIGINT

Sinyal interrupt, melalui ^C

3

SIGQUIT

Sinyal Quit, melalui ^\

9

SIGKILL

Sinyal Kill, menghentikan proses

15

SIGTERM

Sinyal terminasi software

MENGIRIM SINYAL

Mengirim sinyal adalah satu alat komunikasi antar proses, yaitu memberitahukan proses yang sedang berjalan bahwa ada sesuatu yang harus dikendalikan. Berdasarkan sinyal yang dikirim ini maka proses dapat bereaksi dan administrator/programmer dapat menentukan reaksi tersebut. Mengirim sinyal menggunakan instruksi kill [-nomor sinyal] PID .Sebelum mengirim sinyal PID proses yang akan dikirim harus diketahui terlebih dahulu.

Silahkan klik link di bawah ini untuk data lengkapnya :




Download Modul 4 SO Proses dan Manajemen Proses Part A
Download Modul 4 SO Proses dan Manajemen Proses Part B

0 komentar:

Poskan Komentar