Senin, 16 Mei 2011

Pemrograman Shell

SHELL SCRIPT

Shell script dibuat dengan editor teks (ASCII editor) dan umumnya diberikan ekstensi “.sh”. Script selalu diawali dengan komentar, yang dimulai dengan tanda #, disambung dengan ! dan nama shell yang digunakan.

#!/bin/sh

# Program shell

#

var1=x

var2=8

VARIABEL

Variable shell adalah variable yang dapat mempunyai nilai berupa nilai String. Tata penulisan variable adalah sebagai berikut :nama_var = nilai_var

Variable harus dimulai dengan alfabet, disusul dengan alfanumerik dan karakter lain. Variabel dapat ditulis dalam huruf kecil atau huruf besar atau campuran keduanya. Shell membedakan huruf besar dan huruf kecil (case sensitive), contoh :

VPT=poltek

i=5

Pemberian nilai variable tidak boleh dipisahkan dengan spasi, karena shell akan menganggap pemisahan tersebut sebagai parameter, contoh :

VPT

=poltek

##error

VPT=

poltek

##error

Untuk melihat nilai/isi dari sebuah variable, gunakan tanda $ di depan nama variable tersebut. Pada shell, instruksi echo dapat menampilkan isi variable tersebut, contoh :

VPT=poltek

echo $VPT

Gaji=450000 echo $Gaji

echo $VPT $Gaji

Bila menggunakan string yang terdiri dari lebih dari satu kata, maka string tersebut harus berada dalam tanda kutip atau apostrof, contoh :

VPT=Teknik

VPT2=”Teknik Informatika”

PARAMETER

Sebuah program shell dapat mempunyai parameter sebanyak 9 buah dan direpresentasikan melalui variable khusus yaitu variable $!, $2, $3, $4, $5, $6, $7, $8 dan $9. Nama program she ll (nama script) direpresentasikan melalui variable $0.Jumlah parameter dinyatakan sebagai $#. Bila tidak memberikan parameter, maka nilai $# adalah 0.

Shell variable $* menyatakan seluruh string yang menjadi parameter / argumen sebuah script ($@ mempunyai arti yang sama). $$ menyatakan nomor proses id (pid) dari script yang dijalankan. Pid ini akan terus berubah (umumnya) menaik, setiap kali proses berjalan.

STATUS EXIT

Setiap program setelah selesai dieksekusi akan memberikan informasi melalui variable spesial $?. Indikasi yang diberikan adalah :

Bila program berakhir dengan sukses, $? = 0

Bila program berakhir dengan error, $? Tidak sama dengan 0

Nilai dari status exit dapat dilihat melalui instruksi echo $?

Bagi temen-temen kuliah Sejurusan Teknik Informatika khususnya yang kuliah di Universitas Siliwangi yang mengambil mata kuliah Sistem Operasi Disini saya akan memberikan data modulnya dari dasar teorinya dan juga lengkap dengan percobaanya. Silahkan download aja data lengkapnya klik link di bawah ini :




Download Modul 6 SO Pemograman Shell Part A

Download Modul 6 SO Pemograman Shell Part B

0 komentar:

Poskan Komentar